Book Habit

image

Oke, gue. Bukan orang yang tekun membaca. Kalo diliat di lemari gue buku gue nggak banyak. Rasio gue membeli buku paling 2 tahun sekali (banyakan pemberian orang :p ). Rasio gue mengkonsumsi buku tidak sampai setengahnya. Gue orangnya bukan nggak suka baca. Gue suka baca yang ringan-ringan aja kayak majalah, koran, berita di internet ato page-page di website. Itupun dalam jumlah yang tidak terlalu masif. Jadi ada beberapa buku gue yang belom pernah gue buka sampulnya. Ada yang udah gue buka cuma gue baca sedikit, lalu kehilangan minat. Beberapa buku baru sampe setengah eeh udah ga dibaca.

Naah, akhir-akhir ini gue melakukan sebuah kebiasaan baru. Yaitu mematikan henpon setelah jam 10.30pm. Tujuannya biar nggak keganggu sama yang namanya dunia maya, dan gue bisa memperbaiki jadwal tidur yang berantakan. Yah kalo hp gue udah berisik alarm-nya itu artinya waktunya gue tidur.  Nah masalahnya kebiasaan gue tidur jam 2 pagi itu agak susah diubah. Jadi yang terjadi ketika hp dan laptop mati adalah gue jadi galau. Ga bisa nutup mata. Muter2in kamer kayak orang gila. Positifnya, waktu-waktu seperti inilah gue bisa berpikir tanpa terinterupsi dunia maya. Kadang dapat ide2 brilian (meskipun seringkali susah tersalurkan). Tapi tetep aja susah tidur, kadang bisa jadi depresi. Dulu gue punya tv kecil di kamar. Buatan cina. Layarnya aja nggak lebih gede dari layar laptop gue. Semenjak itu rusak nggak mau keluar suaranya, gue jadi kehilangan tontonan. Bagus juga sih, daripada gw nonton terus.

Kemudian gue teringat. Salah satu cara yang bikin gue cepet ngantuk adalah baca. Jadilah gue lirik lagi rentetan buku-buku lama di rak, dan berniat menyelesaikan yang tak pernah terselesaikan, membuka bungkus-bungkus yang tak pernah terbuka. Hari pertama cukup baik meskipun yang gue baca waktu itu Kambing Jantan-nya Raditya Dika. Dulu gue inget pas kuliah pertama baca buku itu di kosan Ijo Kutek  sampe ngakak. Pas gue baca lagi kemaren, ini orang kok garing sumpah. Entah kenapa bukunya bisa laris. Penulisannya ya gaya ngeblog. Nggak mengikuti standar penulisan buku. Well… hokinya gede ini orang.

Eniwei, dengan semangat memperbaiki jam biologis itu gue mendeklarasikan untuk MEMBACA setiap malam. Beberapa judul yang dulu nggak pernah gue selesai baca menjadi cukup menarik lagi ketika nggak tau harus melakukan apa pada tengah malam. Gue mulai berpikir untuk menyisihkan 50rb untuk 1 judul buku per bulan. Itu deal yang cukup besar untuk gue. Artinya gue memaksakan diri at least menghabiskan 1 buku dalam sebulan. Gampang? Enggak buat gue. Tapi layak dicoba. Dan karena kondisi masa depan gue yang masih terpontang panting, gue memprioritaskan beli buku-buku yang motivational dan berorientasi bisnis. Buku pertama yang gue beli adalah Cashflow Quadrant nya Robert T. Kiyosaki untuk dibabat bulan depan. Bulan ini saya mau ngabisin dulu Ngobrolin Iklan Yuk-nya om Budiman Hakim. Doakan perbaikan habit saya agar sukses yah 😀

Leave a comment